Selasa, 22 Mei 2018

Persaingan Pengrajin Tas Agenda di Era Globalisasi di Indonesia



Transmissionfrominterzone.blogspot.com ~ SERING melihat tas bermerek organisasi Militer atau CV? Atau mendapat hadiah goody bag dari acara seminar pelatihan atau perkenalan produk? Ternyata ada banyak juragan pembuat tas-tas seperti itu di Malang. Salah satunya adalah Pahrur Rozi Nasution, S. Kom dengan nama usaha Shoba Collection.


sedari awal kuliah sudah ada beberapa usaha yang di gelutinya. Fachri, panggilan akrab dari Pahrur Rozi Nasution, S. Kom lulusan dari UIN Malang tersebut sudah biasa berdagang guna menambah isi dompetnya. Usahanya pun terus berlanjut dan berkembang hingga menyelesaikan kuliah dari jurusan Teknik Informatika UIN MALIKI Malang. Jiwa pengusaha yang tertanam dari muda pun membuatnya dapat mencium banyak peluang.


Setelah tamat kuliah, Fachri mencoba untuk membuat website dengan nama TokoAndalan serta konveksian. Petama dirintisnya konveksian dengan nama Shoba Industri itu yakni dari tahun 2015, Sudah banyak pembeli yang dilayani dalam pembuatan berbagai macam tas kegiatan baik itu tas koper travel Umroh, tas kosmetik dan berbagai jenis tas model lainnya.


Dapat di pastikan bahwa tidak sedikit suka dan duka yang telah dilalui Fachri dimulai pertama kali membuka Agen Tas Pelatihan Selempang ini. Makan asam dan garam yang dilaluinya dianggap sebagai tangga kenaikan ilmu dalam berbisnis.

SebenarnyaSebetulnya hingga sekarang ini selalu ada masalah yang menghampiri. Mulai dari prombem karyawan yang memang agak-agak susah dicari untuk diajak rekanan dalam Distributor Tas Pelatihan Selempang. Dalam yang dilalui, Supplier Tas Workshop Ransel sering tidak tepat waktu dalam pengerjaan orderan tas client. Alasan pengrajin sehingga molor dalam pembuatan tas ada berbagai macam. Diantaranyaadalah; bahan produksi tas yang sudah disorder terlambat datang, Pengrajin sakit, hingga tukangnya yang memproritaskan garapan yang lebih banyak. Untuk poin problem terakhir biasanya Fachri melakukan tindakan dengan cara membuat MoU kerjasama, yang mana salah satu pasal yang disepakati adalah, seandainya terjadi tidak selesai produksi, akan di diberikan denda.

Sebagai pengusaha, Fachri tak boleh diam berpikir. Pemikirannya harus terus meluas demi kesuksesan bisnisnya. Mulai penjahitan tas berbagai kegiatan itu, Fachri tertarik untuk membuat merek tas milik sendiri. “Keinginan aku cukup tinggi, ingin punya cirri khas yang dipatenkan dengan desain sendiri serta punya Pabrik setiap daerah di NKRI” jelas dia. Bukan tanpa sebab. Hal ini jadi targetnya karena berharap Nusantara Mandiri dalam bidang ekonomi. Untuk merealisasikan keinginannya itu, dia mengakui tidak akan mudah. Tapi dengan semangat kerja keras dari diri sendiri dan ditularkan ke karyawan Shoba Industri serta selalu memperhatikan kualitas, dimulai dari menjaga bahan maupun cara pembuatannya dan serta melakukan pelayanan yang terhebat bagi konsumen Shoba Industri diyakini cita-citanya bisa terealisasi. Lebih lanjut dia menjelaskan Kerja keras yang dicurahkan terhadap Shoba Collection bisa selalu di ikutjan dengan munajat kepada Maha Pencipta dan tentunya berbagi bagi umat yang fakis miskin.

Hingga saat ini, Fachri akan lanjut menawarkan produk tas ke dinas-dinas. Namun cara mengenalkan diri ke Swasta terkait tidak selalu sukses. Sebabnya, mereka tidak mau dipersalahkan memesan tas berlogo jika tidak melalui petunjuk dari pemerintah pusat. "Tapi dengan Kerja keras setelahnya travel-travel mau memesan juga. Produksi pun mengalir," ucap Fachri.

Kini usaha Fachri yang masih termasuk muda ini telah mendapat langganan dari yayasan dan sejumlah instansi pemerintah daerah. Bahkan produknya itu datang dari berbagai Negara hingga ke Tailand dan Negara-negara lainnya berkat ada kegiatan semacam workshop kerjasama organisasi di NKRI dengan Nusantara Negara lain. Tas produksi Fachri juga banyak dicari perusahaan dan BUMN pemerintah di seantero Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tas yang diproduksi dia banyak beragam. Ada tas laptop, Tas pelatihan, Tas selempang, tas pouch, tas jinjing, tas travel umroh, tas koper haji umroh dan tas diklat. Bahkan Tas kulit juga tetap diterima penjahitannya dengan alasan tas kulit lebih menonjolkan fashion dan penggarapan pun harus hati-hati, sehingga ada semisal tantangan tersendiri dalam pembuatannya.

Bandrol yang dijual beragam, mulai dari Rp 35.000 sampai ratusan ribu per buah. Namun karena tas dijual dalam jumlah partai, pembelian minimal 100 tas. Pre order bisa dilakukan dengan cara berkunjung ke ruko atau membeli melalui website yang sudah disisipkan nomor CS yang boleh dihubungi sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Bahkan tiem juga siap mengunjungi Client yang akan membeli tas tapi tidak sempat datang ke pabrik. Hal ini dilaksanakan semata-mata untuk menyuguhkan service terbagus bagi calon pemesan supaya dapat terjalin hubungan hangat yang berdampak pelanggan ini jadi repeat order.

Nah, bagi Anda yang bingung apa itu TokoAndalan? Berikut ini Karyawan Ulas juga:
TokoAndalan yaitu salah satu online shop di Dunia yang mempromosikan berbagai macam Tas, Dompet, Sandal Kulit, Jaket Kulit, dan berbagai macam Sepatu. Keunggulan yang di miliki oleh bisnis pemula satu tersebut adalah semua barang yang dijual banyak dari hasil-hasil Home Industry berbasis home Industri. Sejauh keberadaannya sudah ada banyak industry rumahan yang berada di area Malang yang meminta kerjasama dengan ecommerce TokoAndalan untuk memasarkan barang-barang UKM secara online. Memang sejauh beradanya TokoAndalan masih belum bisa mengkonfirmasi kemauan para mereka tersebut. Biarpun seperti itu, telah tidak sedikit home industry yang termudahkan karena kehadiran TokoAndalan. BUMN yang pernah di layani TokoAndalan disetiap pemesanan tas diantaranya adalah TNI Malang, UB, perusahaan kosmetik Lillu, Lamour, bidang travel umroh seperti Zain travel dan lain sebagainya.

Pertama berdiri TokoAndalan ini sekitar tahun Dua ribu limas belas dulu dengan semangat empat lima untuk memasarkan industry rumahan yang kurang terkenal di Indonesia dan tentunya memasarkan produk-produk dari Shoba Collection. Sekarang ini TokoAndalan yang di Ketuai oleh Pahrur Rozi Nasution, S.Kom masih di handle 4 Anak dengan bidang 1 devisi marketing, 2 programmer yang diambil dari tiem Behato, 1 photographer karya-karya sahabat yang sudah mengajak kerjasama TokoAndalan guna mempromosikan hasil kawan-kawan. Diluar dari ke 4 anggota yang telah disebutkan, ada juga pekerja freelance yang membantu TokoAndalan di bidang promosi dan SEO.

Target yang dibuat TokoAndalan yang beralamat sementara di Jl. Mertojoyo Blok K No.12, Merjosari, Lowokwaru Kota Malang pada periode Dua ribu delapan belas yaitu Memikirikan gedung new yang dijadikan semacam ruko guna menampung stock lebih banyak Tas-tas rumah industry. Wilayah untuk pembangunan gedung baru tersebut akan benar-benar lokasi yang strategis yang lokasinya berkisar 3-5 ha. Kontruksi bangunan yang di bangun adalah memiliki bangunan yang luas dan parkiran yang lebar sehingga dapat dimasukkan sebagai wilayah destinasi wisata belanja di kota Malang.

Jika gedung lokasi baru telah selesai, diharapkan bisa mempunyai tiem karyawan lebih dari lima puluh tiem. Dan Misinya anggota pemasaran akan bisa kerjasama kepada perusahaan piknik seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia tujuan Malang raya untuk menjadikan tiem wisata tersebut mampir di gedung TokoAndalan guna belanja produk-produk industry rumahan UKM yang telah diperlihatkan di etalase TokoAndalan. Harapan dengan hadirnya TokoAndalan bisa menjadi penyeimbang barang-barang sejenis yang telah banyak NKRI dari barang-barang seperti yang tersedia import, sehingga partner rumah industry akan berjaya di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui Malang raya yang terdiri dari Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang merupakan tempat wisata yang ramai dibicarakan masyarakat. Selain banyak dibicarakan, banyak juga orang yang berwisata ke sana. Tidaklah hal yang mengherankan bila kamu termasuk orang yang ingin mengunjunginya. Diantara daerah wisata yang biasa dikunjungi di Malang adalah Wendit Waterpark Beralamat di Jl. Raya Wendit Tim, Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur. Wisata Wendit Waterpark tersebut adalah salah satu objek wisata air yang berada di Malang. Apabila kamu berlokasi di pusat kota Malang, maka jarak tempuah Wisata Wendit Waterpark ini sekitar kurang lebih ialah delapan km. Wisata Wendit Waterpark inii juga menawarkan keistimewahan berenang di kolam buatan atau kolam alami dan juga kamu bisa melihat indahnya panorama keindahan wilayah kawasan wisata Wendit Waterpark itu. Adapun di dalam objek wisata Wendit Waterpark tersebut juga terdapat 2 lokasi kolam pemandian yang kesatu adalah kolam dengan kedalaman sekitar dua meter dengan suhu air yang berkisar 18 sampai 25 derajat celcius.

Mengenai tentang biaya karcis kedalam Wendit Waterpark tersebut juga relative terjangkau sekali. Karena kalian akan cukup mengeluarkan uang Rp 15.000,- setiap orang maka kalian bisa pergi wisata air ini. Memasuki area berlibur Wendit Waterpark, biasanya kamu akan di datangi dengan banyaknya Primata yang bergelantungan dan juga berkeliaran di kawasan tersebut. Dari adanya primate tersebut maka bisa memberi suasana yang mengasyikkan terebih saat monyet meminta jajanan pada para pengunjung yang tidak langsung menyamun, akan tetapi monyet ini akan meminta bekal dengan mengulurkan kedua tanganya.

Sedikit trik liburan ke Wendit Waterpark adalah anda harus menyediakan uang tambahan jika mau mencari macam-macam wahana yang dimiliki oleh wisata Wendit Waterpark ini. Karena disana selain menyuguhkan kolam pemandian juga tersedia semacam danau bikinan sendiri yang di jadikan sebagai lokasi buat berkeliling memakai perahu atau speed booth sepeda air. Malah selain itu, ada juga area perahu dayung, water technology yang terdiri danau gelombang dan juga danau arus serta macam-macam wahana bermain yang menyenangkan lainnya.

Diluar Wendit Waterpark, ada juga wisata wilayah lainnya yang biasa menjadi rujukan sebagai tempat rekreasi, yaitu Pantai tiga warna. Salah satu dari sekian banyaknya pantai di Malang yang menarik adalah pantai 3 warna. Pantai 3 warna Malang itu juga adalah satu pantai yang sangat terkenal di kalangan pelancong, baik pelancong dalam kota atau bahkan wisatawan yang berkunjung dari luar kota. Pantai 3 Warna Malang itu beralamat di Desa Tambak Rejo, Sendang Biru Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bagaimanapun telah terkenal karena keelokan yang disuguhkannya, akan tetapi wilayah dan rute menuju pantai tiga Warna Malang juga juga belum banyak yang mengetahui. Untuk itu, kalian bisa menggunakan jasa tour guna memudahkan anda semua pergi kesana.

Laut tiga warna itu memang sudah di kelola oleh suatu yayasan, yang biasanya telah mempunyai harga tiket masuk. Namun kalian tidak usah takut, sebab harga tiket lewatnya tersebut sangat terjangkau yakni hanya dengan membayar lima ribu rupiah untuk setiap orangnya. Di laut 3 warna ini anda juga bukan hanya semacam berjemur atau nongkrong di pinggir pantai saja. Alasannya disana kamu bisa memfasilitasi kegiatan snorkeling. Terumbu karang di pantai 3 warna ini juga cukup indah dan tak harus menyelam jauh di tengah laut. Selain itu, jenis laut pantai 3 warna ini juga bisa membuat dan masih alami. Nah, Buat kamu yang ingin berwisata ke pantai tiga warna berikut tril yang harus anda perhatikan.

Sedikit trik berwisata ke laut tiga warna tersebut ialah kalian di haruskan lebih awal buat melakukan reservasi atau booking. Sebab batas pelancong perhari di Pantai tiga Warna ini juga di kuota dengan kuota sekitar 100 orang saja, jadi lembaga juga harus mereservaasi lokasi minimal dua minggu sebelumnya. Reservasi ini di laksanakan ketat oleh penyedia alasannya Pantai 3 Warna itu adalah sebuah tempat lindung yang memang sangat di jaga kebersihannya, terlebih lagi terkait keindahan.

Paforit laut Lainnya yang masih berada si daerah Malang raya adalah Pantai Kondang Merak yang terletak di Kecamatan Donomulyo, Malang Selatan yang berlokasi sekitar enam puuh delapan kilometer dari Malang kota. Untuk menuju ke lokasi tersebut sangat mudah dan kalian dapat menggunakan penyedia Tour Guide. Mulai kota Malang dimulai jalan menuju Kepanjen setelah itu perhatikan arah menuju ke Pantai Balekambang. Tidak perlu gelisah untuk tersesat karena dipasikan ada banyak sekali papan pengumuman yang mengarahkan lokasi manakah yang akan kamu lewati untuk menuju ke laut Kondang Merak.

Jam yang dibutuhkan untuk menuju ke pantai kondang merak dari Malang kota antara tiga. Namun perlu diketahui untuk kita yang mengendarai roda dua wajib berhati-hati karena medan jalanya kurang terlalu tersebut ialah salah satu laut yang ada di pesisir selatan Jawa Timur selain Pantai Balekambang. Pantai Kondang Merak seperti nampak bagus dan tak terlalu ramai. Pantai Tersebut
ini juga merupakan salah satu peternak ikan hias. Untuk harga karcis masuk laut tersebut yakni sepuluh ribu rupiah sedangkan Parkir lima ribu rupiah

Dahulu orang-orang setempat banyak melihat burung merak yang singgah ke laut ini sekedar minum air tawar yang ada di sekitar pantai. Sebab burung merak biasa datang ke lokasi itu maka laut itu menjadi terkenal dan menjadikan pantai tersebut dikenal dengan panggilan laut Kondang Merak. Udara di lokasi kawasan pantai sangat indah dibarengi tiupan anginnya yang menawan, ditambah dengan hamparan pasir putih yang enak di kaki. Terumbu karang yang besar juga terdapat di laut itu. Kerikil terumbu karang besar pasti semakin menggoda untuk dikunjungi setelah air pantainya menyusut. Hal tersebutdisebabkan terumbu karang yang awalnya tidak terlihat karena air laut akan muncul ke keatas. Fasilitas Di laut tersebut sudah memadai seperti kuliner Makan, lokasi Parkir, tempat tidur dan tempat shalat. Buat kita yang akan untuk liburan ke laut Kondang Merak inilah sekedar bahan yang telah dihimpun tiem Shoba Collection.

Nah, Buat kamu yang suka mendaki di alam liar namun mengagumkan, bisa memilih pilihan lokasi Bromo. Lokasi Gunung Bromo sendiri ada di salah satu propinsi di Jawa. Dan di sekitar 4 Kabupaten yakni Kabupaten Pasuruan, Kapupaten Probolinggo, daerah Lumajang dan Kabupaten Malang. Wilayah berpetualang ini dapat kita datangi secara aman dan nyaman mencari Tour Guide. Harga karcis gunung Bromo untuk pelancong local yang sebelumnya berkisar Rp10.000 sekarang berubah menjadi dua puluh tujuh ribu rupiah. Anggarannya ialah dua ribu lima ratus rupiah sebagai asuransi dan Rp. 25.000 untuk tiket. Sedangkan guna pelancong mancanegara yang sebelumnya Rp57.000 berubah Rp217.000.

Bagi Anda yang biasa kea lam bebas, inilah trik mendaki yang bagus untuk dicoba. Terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan saat berwisata ke Bromo. Sekumpulan kegiatan tersebut bisa kalian pilih saat sampai di Bromo. Antara lain naik kuda di atas hamparan pasir yang begitu luas. Bila Anda anti dalam suka kegiatan berkuda, kita dapat menaiki jeep untuk berselancar beberapa wilayah wisata di Gunung Bromo.

Bagi yang pergi Gunung Bromo maka kita akan dihadapkan dengan rintangan yang sama yakni harus menyeberang hantaran pasir yang begitu luas. Di tengah-tengah lautan pasir tersebut ada pura bernama Pura Luhur Poten dan kediaman dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Kamu dapat mendaki ke Puncak B dua Sembilan yaitu wilayah yang paling srategis buat menangkap keindahan landscape alam Taman nasional Bromo Tengger Semeru. Tempat ini berada di ketinggian 2.900 meter di atas permukaan air laut. Puncak B29 ini dinamakan Negeri di Atas kabut karena saat shubuh kawasan lembah B29 akan ditutup awan tebal sehingga seperti berlokasi di atas awan saja.

Kegiatan yang wajib dikerjakan saat bertandang di Bromo adalah mencari matahari terbit di Puncak pendakian Gunung Bromo yang puncaknya terdapat di sisi barat Gunung Bromo dengan ketinggian diatas dua ribu. Puncak penanjakan terdapat dua titik yakni Puncak pendakian 1 dan 2.

Buat kita pecinta kuliner, di daerah Malang juga terdapat banyak wilayah wisata kuliner. Antara lain adalah Mie Setan yang terdapat di Kota Malang, Tape Ketan yang terdapat di Kota Batu, Bingso di bendungan Sutami, Coklat Classic di Kota Malang dan lain sebagainya. Untuk lokasi belanja di Malang ada Matos, MX Malang, MOG, BATOS, dan lain-lain.

Cita-citanya, setelah TokoAndalan ready ruko yang lebih luas, akan menjadi lokasi wisata belanja, wisata pembelajaran dan juga sebagai wisata makan bagi pelancong orang-orang yang sedang berwisata di Malang Raya. Untuk bisa mewujudkannya, pastinya TokoAndalan telah harus mempunyai wilayah minimal empat sampai lima hektar dilokasi bagus di Malang yang separuhnya di dekor sebagai gudang, separuh lokasi lainnya dibuatkan sebagai para pengrajin tas yang dapat dibuatkan sebagai lokasi pendidikan. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui tips penjatihan tas, dompet, jaket kulit, sandal kulit, sepatu kulit dapat memasuki konveksian Shoba Industri. Sedangkan lahan sebagiannya juga dibuatkan sebagai stand-stand aneka macam kuliner yang dapat memuaskan lidah pengunjung. Serta tentunya TokoAndalan akan memberikan parkiran yang besar guna menampung bis para pelancong yang datang ke Malang Raya.

Proyek pembuatan rekreasi belanja punya TokoAndalanitu keinginannya telah dapat digarap di tahun dua ribu delapan belas. Betul, Tiem telah mengakui bahwa impian guna mempunyai tempat belanja di Malang milik dari Shoba Industri proses dan anggota masih dituntut untuk lebih keras dalam bekerja. Tapi, yang harus juga di dipahami bahwa 2 tahun tidaklah jam yang pendek buat bertahan suatu bisnis. Perusahaan Shoba Industri sudah membuktikan kukuatannya dengan terus meluaskan usahanya. Artinya, perusahaan tersebut sudah betul-betul tahan banting dan mengetahui semua masalah yang dilalui pabrik serta sudah bisa menyelesaikannya. Panjang waktu itu telah bisa menjadi bukti bahwa Pabrik Shoba Collectionsatu itu tidak pernah bermasalah. Sejauh ini antara TokoAndalandan banyak pengorder yang dilayani pada akhirnya dapat Saling menguntungkan antar belah pihak, termasuk dari sisi customer maupun perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar